Peran Herbamax pada penyakit darah tingi ( hipertensi )

Kandungan Tribulus terrestris pada Herbamax memiliki effect sebagai Vasodilator Non specific dan Antihipertensi yang kuat melalui dua cara yaitu :

1. Merangsang Endothelium untuk melepaskan zat vasodilator Nitrik Oksida sehingga terjadi vasodilatasi ( Pelebaran Pembuluh Darah )
2. Merelaksasi Sel otot polos pembuluh daarah (vascular smooth muscle cell) sehingga terjadi relaksasi pembuluh darah yang meningkatkan elastisitas pembuluh daarah.

Kedua cara herbamax diatas menurunkan tahanan perifer sehingga tekanan darah yang tinggi dapat diturunkan dan mengembalikaan kelancaran sirkulasi darah sehingga daerah-daerah yang mengalami iskemia dapat diperbaiki suplai o2 dan nutrisinya.


Literatur Ilmiah

Dari sebuah penelitian di kuwait University diketahui bahwa Tribulus Terrestris memiliki efek menurunkan tekanan darah melalui aktifitas vasodilatasi (memperlebar pembuluh darah). Proses ini dimungkinkan karena extract Tribulus terrestris mampu merelaksasi sel otot halus di pembuluh darah dengan merangsang pelepasan nitric oxide yang merupakan vasodilator

*
**
Antihypertensive and vasodilator effects of methanolic and aqueous extracts of tribulus terrestris in rats,

Oludotun A. Philips a,*,Koyippalli T. Mathewb, Mabayoje A, Oriowo c,
  • Departement of Pharmaceutical Chemistry, Faculty of Pharmacy, Kuwait University, P.O. BOX 24923, 13110 Safat, Kuwait,
  • Departemen of Biological Sciences, Kuwait University. P.O. BOX 24923, 13110 Safat Kuwait,
  • Departement of Pharmacology, Kuwait University, P.O. BOX 24923, 13110 Safat, Kuwait.